Rabu, 05 Desember 2012

Sejarah Sepeda Motor Injeksi Pertama Di Indonesia


Di Indonesia sendiri, sejak lama Honda telah menawarkan berbagai produk sepeda motor yang irit bahan bakar dengan harga terbaik. Masih ingatkah anda dengan Honda Astrea, Supra, Legenda, Kirana dan Kharisma? Nah, semua itu adalah awal dari Honda dalam menawarkan sepeda motor dengan efisiensi bahan bakar terbaik dalam kategori motor bebek.
Kemudian Honda terus mengembangkan tingkat efisiensi bahan bakar pada beberapa sepeda motor buatannya di Indonesia dan diantaranya adalah Honda Kharisma 125D. Berbekal basis mesin Kharisma 125D, maka pada tahun 2005 lahirlah SupraX 125 yang didukung penuh dengan teknologi Honda PGM-FI (Programmed Fuel Injection), sebuah teknologi sistem pemasok bahan bakar yang juga dipakai di MotoGP. Meskipun SupraX 125 juga dijual dengan pilihan non Injeksi.
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda – Pelopor Sepeda Motor Injeksi Pertama Di Indonesia
Perlu diingat, bahwa Honda adalah satu-satunya produsen sepeda motor di Indonesia yang pertama kali menawarkan sistem injeksi bahan bakar yang disebut PGM-FI. Selain itu, PGM-FI merupakan merek dagang milik Honda Motor Co.Ltd yang telah terdaftar di Dunia. Dengan langkah Honda dalam menawarkan PGM-FI di Indonesia, beberapa kompetitor Honda mulai mengikuti langkah besar dari pabrikan berlogo Sayap Tunggal tersebut dengan juga menawarkan sistem injesksi bahan bakar pada sepeda motor buatannya masing-masing.
Namun, hal itu bukan masalah besar besar bagi pabrikan yang didirikan oleh Soichiro Honda tersebut dan semua itu malah membuat Honda semakin menunjukkan bahwa sepeda motor buatannya benar-benar menawarkan tingkat efisiensi bahan bakar terbaik.
Sejarah Teknologi Honda PGM-FI
Pada awalnya, Teknologi PGM-FI atau Programmed Fuel Injection ini pertama kali diperkenalkan Honda pada tahun 1980 untuk diterapkan pada beberapa mobil balap saat itu seperti Honda Accord dan Prelude. Kemudian pada tahun 1982, Honda mulai mengembangkan CX-500 TURBO yang merupakan sepeda motor pertama didunia dengan menggunakan teknologi Fuel Injection, meskipun ini belum diberi nama PGM-FI. Nah, perubahan besar dilakukan Honda tepat pada tahun 1998, dimana pabrikan asal Jepang yang bermarkas besar di Saitama dan Hamamatsu tersebut memperkenalkaan Teknologi PGM-F1 pada Honda VTR800FI.
Misi Honda Dalam Mengurangi Total Emisi Hidro Karbon Pada Kendaraan Baru
Pada tahun 2005, Honda juga telah menyatakan bahwa mereka berniat untuk mengurangi total emisi Hidro Karbon pada kendaraan baru dan berencana meningkatkan efisiensi bahan bakar sekitar 30% pada setiap kendaraan buatannya. Di Asaka R&D Center, Honda mulai mewujudkan proyek tersebut dengan mulai mengembangankan PGM-FI diseluruh dunia untuk semua sepeda motor kecil bermesin 125cc atau 125cc ke bawah dan juga mesin yang menggunakan pendingin udara/Radiator.
Beberapa Hal yang Perlu Kita Ketahui Tentang Honda PGM-FI
Sedangkan PGM-FI itu sendiri pada dasarnya terdiri dari ECU (Electronic Control Unit) yang mampu mengatur jumlah campuran oksigen dan bahan bakar yang kemudian dialirkan ke ruang bahan bakar di dalam mesin. Selain itu, ketika throttle mulai terbuka, ECU ini memiliki sensor yang mampu membaca suhu mesin, tekanan dara, minyak, dan beberapa hal penting lainnya.
Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa Teknologi Honda PGM-FI ini mampu memberikan performa mesin yang lebih baik, lebih halus, namun tetap irit bahan bakar. ECU (Electronic Control Unit sejak lama juga telah dipakai di balap MotoGP, WSS, WSBK, dan balap Supersport lainnya. Yang perlu dicatat, ECU juga sejak lama dipakai pada beberapa motosport Honda seperti, CBR600RR, CBR250R dan CBR1000RR Fireblade.
Mesin Supra X 125 Helm In
Sedangkan untuk di Indonesia, Saat ini Honda telah menawarkan teknologi PGM-FI ini pada beberapa sepeda motor buatannya yakni Supra X 125 Helm-In, Spacy Helm-In, Supra X 125, Revo AT, PCX, CBR150R dan CBR250R. Selain itu, Honda Tiger dan Megapro dikabarkan juga akan segera menggunakan teknologi PGM-FI. Namun, perlu anda ingat bahwa untuk sistem PGM-FI pada Supra X 125 Helm-In ini berbeda dengan Supra X 125 versi pertama.
Ada beberapa hal yang membedakan pada dua versi Supra X 125 tersebut yakni Supra X 125 Helm-In memiliki teknologi yang lebih canggih dan dilengkapi sensor O2. Nah, semua teknologi itu tidak terdapat pada Supra X 125 Versi Pertama kali keluar. Bahkan, Supra X 125 Helm In tersebut sudah lolos Uji Euro3 dan tentu sudah resmi berstandar Euro3, sehingga lebih ramah lingkungan. Berbeda dengan Supra X 125 Versi pertama yang masih berstandar Euro2.
“Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda”
Jika saat ini Anda tertarik untuk membeli sepeda motor baru dengan fitur Fuel Injection, maka anda bisa mempertimbangkan sepeda motor buatan Honda mulai dari sekarang. Anda bisa mempertimbangkannya dari segi harga dan juga beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Honda. Dengan harga yang terjangkau, tentunya anda bisa mendapatkan sepeda motor Honda dengan teknologi PGM-FI yang sangat ramah lingkungan, irit bahan bakar dan performa mesin terbaik.
Jika dibandingkan dengan sepeda motor merek lainnya, Honda selalu menawarkan sepeda motor yang sangat ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Semua ini kami dasarkan atas uji coba yang pernah kami lakukan pada sepeda motor Honda dengan beberapa sepeda motor dari merek lain. Baik itu di bengkel maupun di jalan. Hasilnya, Honda memang tidak mengecewakan dan melebihi apa yang kami harapkan. Efisiensi bahan bakar pada sepeda motor Honda tetap terjaga meskipun dalam kondisi keepatan tinggi. Nah, dengan demikian, maka sudah tidak diragukan lagi jika Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda.
Salam Satu Hati…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman